Pages

Programmable Logic Controller (PLC)


Programmable Logic Controller (PLC)



Disusun oleh:
MUHAMMAD ANWAR RAHMANTO
3.39.11.0.16
LT-2D

Dosen Pembimbing:
Adi Wasono, B.Eng, M.Eng

JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
PROGRAM STUDI TEKNIK LISTRIK
POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
TAHUN 2013




BAB I
PENDAHULUAN

1.1.       LATAR BELAKANG
Programmable Logic Controller atau sering disebut dengan PLC, sering kita dengar dalam istilah system control. Kata control dapat diartikan “ mengatur “ atau kata control dalam teknik listrik adalah suatu peralatan atau kelompok peralatan yang digunakan untuk mengatur fungsi suatu mesin untuk menetapkan tingkah laku mesin tersebut sesuai dengan yang diinginkan.
Sistem yang mempunyai kemampuan untuk melakukan start, mengatur dan memberhentikan suatu proses untuk mendapatkan output sesuai dengan yang diinginkan disebut system control. Pada umumnya system control adalah merupakan suatu kumpulan peralatan elektrik/elektronik, peralatan mekanik, atau peralatan listrik lainnya yang digunakan untuk menjamin stabilitas, transisi yang halus serta akurasi sebuah proses.
Setiap system control memilki tiga elemen pokok, yaitu input, proses, dan output. Pada umumnya input berasal dari tranduser ( suatu alat yang dapat merubah kuantitas fisik menjadi sinyal listrik ). Beberapa contoh tranduser diantaranya dapat berupa tombol tekan, sakelar batas, thermostat, foto elektrik dan lain sebagainya.
Sehingga PLC dapat diartikan  sebuah alat kontrol yang bekerja berdasarkan pada pemrograman dan eksekusi instruksi logika. PLC mempunyai fungsi internal seperti timer, counter dan shift register. PLC beroperasi dengan cara memeriksa input dari sebuah proses guna mengetahui statusnya kemudian sinyal input ini diproses berdasarkan instruksi logika yang telah diprogram dalam memori. Dan sebagai hasilnya adalah berupa sinyal output. Sinyal output inilah yang dipakai untuk mengendalikan peralatan atau mesin. Antarmuka (interface) yang terpasang di PLC memungkinkan PLC dihubungkan secara langsung ke actuator atau transducer tanpa memerlukan relay.


1.2.       TUJUAN
Berdaraskan latar belakang penulisan paper ini, dapat diidentifikasi bahwa tujuan dalam penulisan paper ini adalah :
1.2.1.      Mengetahui definisi PLC secara umum
1.2.2.      Mengetahui fungsi PLC
1.2.3.      Mengetahui bahasa-bahasa pemrograman pada PLC
1.2.4.      Mengetahui piranti penyususnan PLC
1.2.5.      Mengetahui pemanfaatan PLC dalam industri
1.2.6.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan PLC
1.2.7.      Mengetahui sejarah PLC
1.2.8.      Mengetahui beberapa merk PLC

.....
.....
.....


inih pdf nya


follow @anwarrahmanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar